menu 1

Thursday 23 May 2013

Manfaat Luar Biasa Buah Durian

Buah durian, buah dengan aroma yang sangat menyengat namun memiliki rasa yang sangat lezat, setidaknya itu menurut saya, karena banyak juga yang tidak menyukai buah dengan kulit yang berduri ini, jangankan mencicipinya, mereka yang pertama kali atau memang tidak menyukai buah durian saat mencium aromanya saja sudah merasa terganggu. Sampai-sampai saya pernah membaca artikel bahwa buah durian dilarang di negara tertentu karena aromanya tadi. Namun disini saya tidak akan membahas mengenai aroma/rasa buah durian, melainkan khasiat/manfaat buah ini. Manfaat buah durian bagi kesehatan antara lain:


1. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

2. Mencegah Depresi

Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

4. Obat Tidur Alami

Bagi Anda yang susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.

Tetapi hati-hati, buah durian dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Atau yang paling parah dapat mematikan jika dibarengi dengan minum minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali makan.

Sumber : http://kesehatanb.blogspot.com

No comments:

Post a Comment