menu 1

Monday 1 April 2013

5 Benda Di Rumah Yang Rentan Terhadap Bakteri

5 Benda Di Rumah Yang Rentan Terhadap Bakteri

Bakteri atau kuman bisa hadir di mana saja, termasuk di dalam rumah. Mungkin anda membersihkan rumah hampir setiap hari, mulai dari sudut ruang tamu hingga kamar tidur. Namun apakah anda telah membersihkan hingga bagian terkecil rumah anda? Pertanyaan ini muncul karena ada beberapa benda yang dianggap sepele oleh banyak orang untuk diperhatikan dan dibersihkan. Padahal benda-benda ini diketahui menyimpan banyak kuman yang dapat mengancam kesehatan keluarga. Apa saja benda-benda tersebut? Simak ulasan berikut ini…

1. Gagang pintu kulkas
Mikroba yang hidup di daging sapi atau ayam banyak ditemukan pada pegangan atau gagang pintu kulkas. Kontaminasi silang merupakan masalah terbesar di dapur. Terlebih lagi, gagang pada pintu kulkas merupakan salah satu benda yang hampir sering dipegang tiap harinya. Maka dari itu, tambahkan gagang pintu kulkas ke dalam daftar/catatan sebagai benda yang harus dibersihkan secara rutin.

2. Keran air
Hampir semua benda yang ada di dalam kamar mandi rentan terhadap adanya kuman atau bakteri, tidak terkecuali keran air. Keran air diketahui merupakan tempat bersarangnya Bakteri E. coli. Hal ini dikarenakan banyak orang menyentuh keran baik sebelum maupun sesudah menggunakan kamar mandi. Ketika membersihkan kamar mandi secara periodik, jangan sampai lupa untuk membersihkan keran air.

3. Kain lap piring
Banyak orang yang beranggapan bahwa lap piring itu bebas dari kuman karena biasanya kering. Namun apabila lap digunakan untuk mengeringkan piring yang telah dicuci, maka lap akan menjadi basah. Ditambah lagi, kelembaban di dapur akan menyebabkan mikroba jadi lebih mudah untuk berkembang biak di sana. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk selalu mengganti lap piring secara rutin.

4. Spon
Spon berguna untuk membersihkan cucian piring. Namun ternyata, alat pembersih ini mengandung banyak bakteri atau kuman. Spon sangat rentan sebagai tempat berpindahnya kuman. Misalnya, saat membersihkan piring penuh dengan lemak, maka spon pasti juga akan menyerap lemak tersebut. Apabila setelah membersihkan piring penuh lemak tersebut spon tidak dibersihkan dengan benar, maka spon akan menjadi tempat tinggal baru bagi kuman.
Tips : Bersihkan spon dengan air panas agar mikroba mati dan tidak dapat berkembang biak di sana. Selain itu, gantilah spon lama dengan yang baru secara periodik.

5. Wastafel
Wastafel atau yang kita kenal sebagai bak cuci juga merupakan salah satu benda yang banyak ditinggali bakteri dan jamur. Terdapat ratusan ribu bakteri di sana. Untuk mengatasinya, bersihkan wastafel dengan setengah cangkir cuka dan setengah cangkir baking soda. Lalu siram dengan air agar wastafel kembali bersih dan higienis. Selain itu, anda juga bisa menggunakan air panas yang disiramkan ke seluruh permukaan wastafel dengan tujuan membunuh mikroba yang tersisa.

semoga Artikel ini dapat bermanfaat

Sumber : artikelkesehatan99.com

No comments:

Post a Comment