menu 1

Monday 1 April 2013

Ragam Manfaat Susu Unta Bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Susu Unta Bagi Kesehatan Tubuh

Warga Arab Saudi umumnya meyakini bahwa susu unta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama dalam mencegah penyakit seperti diabetes atau serangan jantung. Apakah hal itu benar? Simak ulasannya berikut ini…

Bagi orang Arab, susu unta bukanlah sesuatu yang baru dan sulit dicari. Namun bagi orang Indonesia umumnya, mungkin akan berpikir dua kali jika disuruh untuk mencobanya. Dilihat dari segi rasa dan teksturnya, tidak ada perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan susu sapi atau kambing. Bahkan menurut para ahli, susu unta mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Susu unta bisa langsung diminum setelah buihnya disaring. Rasanya memang agak asin, namun tidak menimbulkan rasa “eneg”. FAO atau Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia menyebutkan bahwa susu unta merupakan nektar murni, lebih asin dari susu sapi dan baik untuk kesehatan tubuh manusia.
Kandungan gizi dari susu unta

Susu unta mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Susu unta juga kaya akan vitamin B, zat besi, dan lemak tak jenuh. Susu unta rendah laktosa jika dibandingkan dengan susu sapi, namun kadar kalium (potasium), magnesium, besi, tembaga, mangan, natrium dan seng jauh lebih tinggi. Susu unta memang memiliki lebih banyak lemak dan protein jika dibandingkan dengan susu sapi, namun kolesterol dalam susu unta lebih rendah daripada susu sapi atau susu kambing.
Beberapa Manfaat susu unta bagi kesehatan

Menjaga sistem kekebalan tubuh
Susu unta mengandung antibodi dan imunoglobulin yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit dan datangnya partikel asing ke dalam tubuh. Fungsi dasar dari imunoglobulin adalah melindungi tubuh dari gangguan autoimun, alergi, dan beberapa ancaman dari infeksi bakteri, jamur, dan virus. Minum susu unta setiap hari bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengontrol diabetes
Susu unta membantu dalam mengontrol diabetes tipe 1. Dari studi kasus dan uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuwan, diketahui bahwa susu unta mengandung insulin yang memiliki efek anti-diabetes dalam tubuh. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa uji klinis yang dilakukan pada pasien dengan diabetes tipe 1 telah menunjukkan jika pengonsumsian harian 0,5 liter susu unta dapat mengurangi kebutuhan obat insulin sebanyak 30%. Dengan demikian, mengonsumsi susu unta dapat mengurangi dosis insulin yang diperlukan pasien dengan penyakit diabetes.

Meningkatkan fungsi otak dan ketrampilan berkomunikasi pada anak-anak autis
Ada berbagai pengujian yang dilakukan pada anak-anak penderita autisme, di mana pengujian ini bertujuan untuk membuktikan keberhasilan dalam menghilangkan komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan gangguan autisme. Tesis penelitian Dr. Yosef Shabo dan Dr. Reuven Yagil menjelaskan bahwa susu unta yang tidak mengandung beta-kasein dan beta-laktoglobulin, diketahui tidak merugikan penderita autisme. Sebaliknya, imunoglobulin dan protein yang terkandung di dalamnya dapat membantu perkembangan otak. Mereka melakukan survei mengenai efek dari susu unta pada anak-anak autis dengan kelompok usia yang berbeda. Hasil studi kasus tersebut cukup meyakinkan dan membuktikan bahwa susu unta benar-benar membantu peningkatan anak-anak autis dalam hal ketrampilan berkomunikasi dan fungsi otak.

Manfaat kesehatan lainnya
Beberapa ahli melalui penelitian-penelitiannya mengungkapkan bahwa susu unta bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung. Minum susu unta juga bermanfaat dalam mengatasi permasalahan seksual seperti impotensi dan kurangnya libido. Dengan segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya, susu unta merupakan salah satu minuman kesehatan terbaik bagi orang yang menderita kekurangan gizi.

Demikian ulasan singkat tentang ragam manfaat susu unta. Semoga artikel ini bermanfaat..

Sumber : artikelkesehatan99.com

No comments:

Post a Comment